Wednesday, November 15, 2017

Suara Alam Mentawai : Ailou LeLeu Mantaoi


Meskipun banyak orang telah melihat ke indahan dan keanekaragaman hayati dari kepulauan Mentawai, tapi apakah anda juga telah mendengar suara-suara alam atau suara-suara keanekaragaman hayati yang anda lihat?

Suara-suara alam, baik hidupan liar, seperti burung, kodok, primata, bahkan deburan ombak tentu tidak semua orang pernah mendengarnya. Suara-suara ini menandakan adanya kehidupan, biophony. Terjadinya suara yang merambat melalui gelombang suara, tentu di hasilkan oleh factor fisiologis, biologis dan ekologis dari masing-masing individu. Hidupan liar yang bersuara tentu juga berarti berkomunikasi dengan hidupan liar lainnya. suara-suara juga menggambarkan sebuah ruang ekosistem.

Beberapa peralatan yang di gunakan

Dengan Aman Andei, salah satu warga di Siberut selatan,  kami menyusuri beberapa sudut di Kep.Mentawai, untuk merekam suara-suara hidupan liar. Mencoba mendengarkan apa yang terjadi di habitat asli dan merekam suara-suara alam tersebut. Beberapa suara yang telah kami rekam dapat anda dengarkan di soundclould. 


Selamat mendengarkan.


No comments:

Post a Comment