Monday, August 28, 2017

Camera Trap : alternatif solusi pengamanan kawasan hutan


camera trap
Penggunaan camera trap hingga saat ini telah banyak membantu upaya penelitian terutama, untuk mendeteksi keberadaan satwaliar, monitoring populasi, dan identifikasi satwa yang sifatnya pemalu atau susah di jumpai di habitat aslinya.   Di hutan sokokembang sebagai habitat Owa jawa penggunaan camera trap ini telah di gunakan mulai beberapa tahun terakhir. Banyak binatang yang pemalu dan sangat susah di jumpai ter rekam di  camera. Jeni-jenis ini menambah daftar penting kawasan ini, sebagai habitat satwaliar.
pemasangan camera trap


Beberapa hasil dari camera trap ini dapat di lihat hasilnya di sini, salah satu temuan di hutan sokokembang ini juga  masih ada macan tutul jawa (baca : Kelana si Kembang Asem).

Setelah beberapa lama unit kamera tidak dapat di gunakan lagi karena beberapa masalah mekanis  kamera dan  kelembaban tinggi  baru minggu ini kita memasang camera trap lagi di hutan sokokembang, namun tujuan kali ini adalah untuk melihat pergerakan aktifitas manusia yang masuk ke hutan. Dari beberapa pengamatan di lapangan masih saja ada pemburu yang ke hutan, kegiatan ini tentu saja merugikan dari sisi keanekaragaman hayati, apalagi beberapa waktu terakhir ini kegiatan pengamatan satwa ini telah menjadi alternatif wisata alam di antara maraknya wisata massal yang sedang di kembangkan di wilayah ini.
video


Penggunaan camera ini akan menjadi rekomendasi selanjuntnya untuk pihak terkait, yang bekepentingan dengan pengamanan kawasan, meskipun masih bersifat ujicoba penggunaan camera trap untuk pengamanan kawasan bisa menjadi alternatif menggantikan patroli hutan, terutama di lokasi-lokasi yang sulit di jangkau. Kita hanya memasang dan meninggalkan unit kamera dalam waktu tertentu, dan apabila ada yang melewati camera ini akan terekam, foto atau video, jam dan tanggalnya. . 
Bagi anda yang tertarik dengan kegiatan ini, silahkan hubungi email swaraOwa at gmail dot com, atau berkunjung ke dusun Sokokembang, Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan Jawa Tengah.




No comments:

Post a Comment