Sunday, October 25, 2015

Owa si Penyanyi Rimba (bagian 2)


oleh : Maida @meeda_yameda


Owa jawa (Hylobates moloch) merupakan salah satu primata endemik Jawa yang menggunakan sinyal suara sebagai penanda daerah kekuasaannya (teritorial). Sinyal suara yang berupa “nyanyian” dikeluarkan setiap pagi oleh betina dewasa Owa jawa yang berperan sebagai perwakilan kelompok. Dalam hal ini, Jantan dewasa Owa jawa tidak ikut berkontribusi, sehingga tidak terjadi duet call seperti halnya pada jenis gibbon yang lainnya. Jantan dewasa Owa jawa akan menjadi perwakilan kelompok jika terjadi konflik batas wilayah atau gangguan yang lainnya dengan melakukan tindakan agresif. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah energi yang dikeluarkan oleh kelompok dalam mempertahankan teritorialnya.

Sinyal komunikasi tersebut digunakan oleh penerima (individu atau kelompok lain) untuk mengklasifikasikan pengirim sebagai satu anggota atau dari kelas lain (Beecher, 1991 dalam Bee et.al., 2001). Hal tersebut dikarenakan hewan dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengenali dan membedakan individu sejenis dan lainnya pada berbagai tingkat organisasi sosial (Colgan, 1983 dalam Bee et.al., 2001). Sehingga dapat diperkirakan akan ada perbedaan nyanyian pada setiap betina dewasa Owa jawa. Nyanyian tersebut terdiri dari beberapa rangkaian yaitu wa-notes, introduction note, dan great call (pre-trill phase, trill, termination phase). Adanya variasi variabel vokalisasi seperti frekuensi, durasi, jumlah note pada struktur vokalisasi yang membentuk nyanyian tersebut, kemungkinan digunakan oleh betina dewasa Owa jawa sebagai suatu identitas individu.

Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Listening post (LPS), ini bertujuan agar dalam sehari bisa mendapatkan suara Owa jawa dari beberapa Individu. Suara Owa jawa dapat terdengar hingga radius1500m. Suara yang direkam yaitu suara yang terdengar hingga Listening Post dan baik untuk direkam, dalam rentang jarak 300-700m dari posisi Owa bersuara. Jarak tersebut tidak terlalu mempengaruhi frekuensi akan tetapi mempengaruhi tebal tipisnya note. Tebal tipisnya note ditentukan berdasarkan energi yang terkumpul. Sehingga, note akan terlihat samar jika kita rekam nyanyian Owa yang jaraknya cukup jauh. Proses pengolahan data masih berlangsung, untuk membuktikan secara statistik bahwa terdapat variasi struktur vokalisasi pada setiap individu Owa jawa.


Sonogram female song bout 2 betina dewasa Owa jawa


No comments:

Post a Comment