Monday, December 8, 2014

Ride for Gibbon-Jelajah hutan Hutan Sokokembang

peserta Rideforgibbon

Mentari yang cerah 7 Desember 2014, menyambut para pesepeda yang ingin mengenal lebih dekat habitat Owa jawa. Jalur hutan sokokembang merupakan jalan propinsi antar kecamatan yang menghubungkan kecamatan Doro degan Kecamatan Petungkriono. Jalan ini sudah cukup bagus dan sangat nyaman dilalui.  Jalan ini melalui hutan yang masih relatif bagus dan inilah kawasan hutan yang masih di huni oleh  Owa jawa, si kera kecil kebanggaan Pekalongan.

Karena mudahnya akses ini acara fun bike “ Ride for gibbon” diksanakan menyusuri jalan  di tengah hutan. Tujuan acara kali adalah mengenalkan habitat Owa jawa dan sebagai promosi konservasi wilayah Petungkriono sebagai hutan tropis jawa yang harus di lindungi dan dijaga bersama. Tepat jam 8 pagi, kurang lebih 50 peserta di lepas bersama dari Lapangan dusun Mesoyi dan akan menyusuri rute sepanjang 8 km, dengan finish di curug Cibedug, Ds.Sokokembang. Beberapa peserta nampak antusias sekali dengan sambil mengayuh sepeda melihat rimbunya tajuk dan hijaunya pemandangan di kanan-kiri jalan. Sesekali melihat kanan-kiri menengok apakah ada Owa jawa yang sedang berayun bergerak di antara tajuk pohon.
melihat Owa jawa secara langsung 

Di tengah-tengah acara bersepeda ini, peserta juga melakukan penanam pohon hutan yang menjadi sumber pakan bagi Owa jawa. Pohon sentul atau kecapi hutan  adalah salah satu pohon buah kesukaan owa, warga sokokembang yang menyediakan bibit ini juga telah menyiapkan lokasi penanamannya. Disela-sela acara penanaman pohon ini sajian makanan khas ketela goreng dan seduhan kopi hutan menemani waktu istirahat para pesepeda. Kopi robusta hutan ini telah di olah oleh warga dusun Sokokembang dan produk kopi ini juga menjadi “duta konservasi” untuk pelestarian hutan dan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar hutan.
 
salah satu goweser menanam pohon
Setelah acara penanaman pohon, goweser menuruskan menggenjot sepeda menuju Curug Cibedug, yang terletak antara dusun Sokokembang dan ds Tinalum. Jalan yang naik turun dari start dan garis akhir di curug ini dapat dilalui dengan mudah oleh para pesepeda. Sampai di curug cibedug, pesepeda telah di sambut dengan pameran foto-foto sebagai hasil penelitian di hutan sokokembang, yang dilakukan oleh tim SwaraOwa. 
Foto bersama peserta Rideforgibbon

No comments:

Post a Comment